Soto, Kuliner Nusantara yang Telah Mendunia Kenali Sejarahnya

Mycurry – Indonesia negara yang memiliki beragam budaya dan makanan dari luar. Soto adalah satu makanan yang dipengaruhi oleh budaya dari luar negeri. Soto bervariasi dan varietasnya dapat anda temukan je berbagai daerah Indonesia. Merupakan makanan asal Cina yang telah terbudidaya dan teradopsi oleh budaya lokal Indonesia, seperti Jawa serta beberapa negara lain, termasuk India dan Eropa. Dalam perkembangannya menyesuaikan dengan budaya dan sumber daya alam yang terdapat pqda setiap daerah Indonesia, sehingga membentuk varietas yang unik sesuai dengan bahan yang soto gunakan. Hingga 75 bentuk soto yang unik teridentifikasi dalam penelitian ini. Varietas soto terbagi berdasarkan jenis saus dan bumbu yang orang gunakan .

Sebagai negara besar, Indonesia memiliki berbagai macam makanan khas daerah dan lebih dari 5.300 masakan asli Indonesia [1]. Terdapat lebih dari 300 suku bangsa asli Indonesia yang masing-masing menyajikan berbagai makanan tradisional [2]. Merupakan salah satu ikon kuliner Indonesia yang dapat dengan mudah orang temukan dalam berbagai bentuk hampir setiap daerah Indonesia. Daerah dengan ciri khas tertentu dapat menjadikan makanan ini sebagai ikon daerah tersebut. Ikon daerah ini bisa menjadi signifikan untuk identitas daerah. Pada tahun 2012, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia memperkenalkan 30 ikon kuliner Indonesia [3]. Pada tahun 2011, hasil survei CNN menyebutkan 40 jenis soto berbeda sebagai makanan khas Indonesia [4]. Soto dipilih sebagai salah satu seni kuliner Indonesia dan merupakan bagian dari diplomasi Indonesia; oleh karena itu, akan selalu dipresentasikan pada pertemuan dan perjamuan internasional resmi [5].

Karena merupakan ikon kuliner asli Indonesia, banyak orang menyajikannya pada malam kenegaraan. Soto juga terkenal sebagai sup Indonesia, harapannya menjadi populer ke negara lain juga. Terpilihnya sebagai salah satu kuliner khas Indonesia berdasarkan keberadaan nya yang tersebar luas.

Soto Gambarkan Konsep Indonesia

Makanan ini mudah anda temukan karena terdapat hampir di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, dapat juga tergolong sebagai makanan universal karena dapat anda sajikan dalam berbagai kesempatan dan berbagai suku bangsa nikmati. Makanan ini juga bisa anda sajikan kapan saja: pagi, siang, atau malam. Oleh karena itu, sudah sepantasnya terpilih sebagai salah satu pengadilan diplomatik di Indonesia. Saat ini, Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Dikonfirmasi RI) mendorong nya untuk lebih terkenal ke seluruh dunia agar pangan Indonesia dapat merasakan manfaatnya [3].

Soto menggambarkan konsep Indonesia Bhinneka Tunggal Ika (Bhinneka Tunggal Ika) dalam makanan Indonesia. Penyajian menu soto mengikuti cara para pendahulunya dengan mengawetkan daging atau bahan berprotein lainnya. Di masa lalu, sebagian besar orang Indonesia hidup dalam keluarga besar dengan banyak anak. Dengan kemampuan ekonomi yang terbatas, orang tua tetap ingin memberikan nutrisi terbaik untuk anaknya agar tumbuh kembangnya optimal. Merupakan menu alternatif yang sehat dan enak. Kaya akan nutrisi karena mengandung daging sebagai sumber protein seperti sayuran sebagai sumber serat dan vitamin dan nasi. Nasi,lontong, kentang sebagai sumber karbohidrat yang bisa anda santap dengan hangat.

Baca Juga : Karedok, Hidangan Sayuran Siram Khas Tatar Sunda