Martabak Sagu - Jajanan Lokal Unik Khas Fakfak

Martabak Sagu – Jajanan Tradisional Unik Khas Fakfak

Gorengan adalah salah satu camilan yang tenar dan menjadi opsi fovorit untuk memanjakan lidah. Salah satu variasi gorengan adalah martabak. Ternyata martabak ini, ada sebagian variannya. Salah satunya adalah martabak yang berasal dari Papua adalah martabak sagu.

Indonesia adalah salah satu negara dengan keanekaragaman tradisi dan tradisi. Dari keanekaragaman membikin masing-masing daerah di Indonesia mempunyai keunikan dan ciri khas nya tersendiri. Mulai dari bahasa yang di gunakan sehari-hari, baju adat khusus sampai makanan khas semuanya mempunyai ciri khas masing-masing yang membedakan satu daerah dengan daerah lainnya. Salah satunya adalah martabak sagu khas Kabupaten Fakfak di Papua Barat.

Martabak sagu adalah makanan tradisional khas yang berasal dari Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Pantas namanya tentunya martabak ini berbeda dengan martabak umumnya. Lazimnya martabak terbuat dari bahan-bahan awam seperti terigu dan telur. Dua variasi martabak yang tenar adalah martabak manis dan martabak telur. Namun berbeda dengan Martabak khas Fakfak ini.

Penyajian Martabak Sagu Sebagai Santapan Sambutan

Yang berbeda dari martabak khas Papua ini adalah martabaknya yang berbahan dasar sagu. Dengan bahan dasar yang menjadi salah satu makanan pokok masyarakat Papua ini, membikin membuatnya betul-betul digemari oleh masyarakat sekitar, ini yang membikin rasanya menjadi unik. Tekstur yang betul-betul unik juga rasanya yang legit.

Masakan ini umumnya di sajikan sebagai santapan sambutan untuk menyambut para tamu oleh masyarakat Papua, khususnya Papua Barat. Kecuali itu bagi yang berharap mencobanya, masakan ini banyak di temui di Papua, khususnya di kabupaten Fakfak. Bagi yang bosan dengan varian martabak manis dan telur terus dan tidak sedang berada di Papua, dapat mencoba untuk membuat jajanan ini di rumah.

Baca Juga : Rujak Cingur – Makanan Khas Surabaya Yang Menjadi Favorit Raja Firaun

Martabak sagu terbuat dari bahan sagu yang telah dihaluskan, lalu digoreng dan tambahkan gula aren atau gula merah. Sebab berbahan dasar sagu, tentunya memliki tekstur yang unik betul-betul berbeda dari yang lainnya. Untuk rasanya, masakan ini mempunyai rasa yang manis dan legit sebab tambahan gula aren atau gula merah.